Sabtu, 04 Juni 2016

Dampak Masyarakat Ekonomi Asean bagi indonesia

Di tahun 2016 ini merupakan awal di mana terlah di deklarasikan secara spontan sistem perdagangan bebas di asia tenggara yang di beri nama Masyarakat ekonomi asean (MEA) yang bertujuan untuk memajukan kesenjangan ekonomi anggota ASEAN dan bisa bersaing dengan negara negara negara berkembang yang memiliki kesejahteraan ekonomi cukup maju.

APA ITU MEA ?

Masyarakat Ekonomi asean (MEA) atau dalam bahasa inggris ASEAN Economic Community (AEC) merupakan sebuah integrasi ekonomi untuk anggota organisasi ASEAN untuk menghadapi perdagangan bebas antar negara-negara di seluruh wilayah asean yang telah di rancang oleh petinggi petinggi ASEAN pada tahun 1997 untuk mewujudkan wawasan ASEAN pada tahun 2020.

Dan di akhir 2015 telah di sepakati dan di mulainya sebuah sistem perdagangan bebas untuk bisa mewujudkan perekonomian yang maju untuk negara di bawah naungan organisasi Association of Southeast Asian Nations.

Dampak MEA terhadap Tenaga kerja Indonesia ?

 

Selain melonggarkan kebijakan arus perdagangan situasi ini juga berdampak pada ketenaga kerjaan atau profesi bagi para pekerja dengan adanya kasus tersebut akan terjadi pertukaran ketenaga kerjaan di tiap tiap negara dan jika sumber daya manusia yang di miliki oleh indonesia tidak bisa bersaing dengan SDA dari luar maka siap siap untuk tersisihkan.

Menurut para ahli bidang ekonomi yang di kawatirkan ialah di bidang keahlian  seperti tenaga medis,Pengacara,dan bidang akuntansi.tetapi untuk masalah ini pemerintah indonesia enggan kecolongan dalam merekrut ketenaga kerjaan dari luar,jadi pemerintah indonesia memberi syarat syarat tertentu untuk bisa merekrut tenaga kerja asing seperti harus fasih dalam bahasa inggris dan indonesia dan sertifikasi lembaga profesi terkait di dalam negeri.

Dampak MEA terhadap UKM

Untuk sektor usaha kecil menengah (UKM) mungkin pemerintah indonesia masih mencari solusi dari persoalan ini karena bagaimana tidak UKM merupakan sektor yang sedikit memiliki dampak negatif dengan di berlakukanya MEA karena harus bisa bersaing dengan produk-produk luar yang masuk ke indonesia.(Baca Juga : UKM Pertanian Hidroponik yang menguntungkan )

Dengan demikian bila di tinjauh dari segi management masih banyak UKM yang masih memiliki kendala internal seperti Manajemen kurang baik,menggunakan teknologi sederhana. dan akses pasar terbatas.oleh karena itu pemerintah indonesia berupaya meningkatkan mutu dari sektor tersebut dengan melakukan pendidikan kilat bagi pelaku UKM dan pemberian sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Keuntungan MEA Bagi indoensia

MEA akan menjadi kesempatan yang baik karena hambatan perdagangan akan cenderung berkurang bahkan menjadi tidak ada. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan eskpor yang pada akhirnya akan meningkatkan GDP Indonesia.

Dengan adanya masyarakat ekonomi asean ini indonesia sebagai negara yang berkembang memberi peluang kepada para investor asing untuk bisa menanamkan saham di indonesia,selain itu produk produk indonesia  akan lebih lepas terjun ke negara lain karena kelongaaran syarat ketentuan dalam mengekspor barang dagang.Selain itu bagi para pengusaha indonesia bisa lebih leluasa mengembangakn dan meluaskan wilayah pasar dan bisa memperkenalkan produk unggulan indonesia ke luar negri.

Dampak Masyarakat Ekonomi Asean bagi indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: wandi suwandi

0 komentar:

Poskan Komentar