Rabu, 29 Juni 2016

Usaha Menguntungkan Pertanian Hidroponik dan Aeroponik

Peluang Usaha pertanian atau perkebunan merupakan salah satu mata perncaharian yang paling banyak di minati dan menjadi sebuah prospek bisnis turun temurun di kalangan masyarakat khusunya indonesia,bagaimana tidak tanah yang subur dan di dukung curah hujan yang tinggi menjadikan wilayah indonesia sebagai negara agraris yang sangat potensian untuk becocok tanam.

Dengan kesuburan tanah nusantara ini menjadi sebuah kesempatan terbaik bagi anda untuk bisa menghasilkan pundi pundi uang dari bisnis ini,namun apa jadinya bila anda hidup di perkotaan ? jangankan untuk bercocok tanam atau  untuk menanam tanaman saja perlu tanah yang tidak sedikit ? jika karena alasan itu anda tidak bisa mengembangkan bisnis bertani maka sekarang di zaman modern ini orang bilang tidak ada yang mustahil di dunia ini termasuk Bisnis Pertanian Di daerah perkotaan,karena sudah ada teknologi penanaman tumbuhan tanpa media tanah yang bernama Bercocok Tanam dengan sistem Hidroponik dan aeroponik.apa itu? mari kita simak


Apa itu Sistem Hidroponik ?

Sistem Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah tanah sebagai pengurai unsur hara,dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Di sini si tanaman akan di berikan air di campur nutrisi sesuai kebutuhan untuk melakukan penguraian unsur hara seperti di media tanah karena peranan tanah adalah untuk penyangga tanaman dan air yang ada merupakan pelarut nutrisi, untuk kemudian bisa diserap tanaman. ,yang perlu di perhatikan di sistem ini ialah pupuk/nutrisi karena jika anda memberikan nutrisi yang tidak sesuai,maka tanaman tersebut akan ternganggu pertumbuhanya karena Jenis Sayuran Hidroponik yang tumbuh harus memiliki asupan nutrisi yang memadai seperti halnya di tanah.

Teknik Pemberian nutrisi
Dengan bercocok tanam dengan media ini tanaman akan terlihat Cepat tumbuh,Segar dan anda tidak perlu pusing memikirkan serangan hama yang menggangu kualitas tanaman,seperti ulat dan hama lainya.dan untuk bisa menggunakan tehnik becocok tanam hidroponik tersebut ada tehnik tehnik khusus untuk melakukan nya untk mencoba Cara sederhana Bertanam Sistem Hidroponik anda bisa mengunakan beberapa bahan bekas di dalamnya.

Penanaman Sistem Aeroponik

Masih sama seperti hidroponik yang mana penanaman dengan cara ini tanpa menggunakan media tanah sebagai pengurai unsur hara dan nautrisi,untuk lebih jelasnya anda baca Pengertian dari sistem Pertania modern yang satu ini.

Aeroponik merupakan suatu cara bercocok tanam sayuran di udara tanpa penggunaan tanah, nutrisi disemprotkan pada akar tanaman, air yang berisi larutan hara disemburkan dalam bentuk kabut hingga mengenai akar tanaman. Akar tanaman yang ditanam menggantung akan menyerap larutan hara tersebut. Air dan nutrisi disemprotkan menggunakan irigasi sprinkler.
yang terpenting tehnik ini masih menggunakan media air untuk memberikan nutrisi tumbuhan melalui akar hanya saja tehnik yang satu ini air di semprotkan secara berkala terhadap akar dengan bentuk embun dengan mesin tambahan bernama irigasi sprinkler,kelebihan dari sistem ini dibandingkan hidroponik terletak pada pemberian nutrisi yang mana sistem ini akar di tempatkan di ruang udara seperti akuarium yang mana kandungan oksigen di tehnik ini lebih banyak dan membantu mempercepat pertumbuha.  tanaman.

Hanya saja untuk bisa membangun sistem Aeroponik untuk media pertanian tanpa tanah harus menggunakan beberapa alat teknologi seperti Pompa air,Spray Jet untuk menyemprotkan nutrisi dan tabung hampa udara meletakan akar tetapi jika anda ingin lebih tahu tentang tatacara dan teknik membangun sistem ini bisa baca

Usaha Menguntungkan Pertanian Hidroponik dan Aeroponik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: wandi suwandi

0 komentar:

Posting Komentar